Kumpulan Resep Lainnya

Bagaimana Menyiapkan Soto Babat Iso yang Lezat

LEZAT, NIKMAT, MUDAH dan Anti GAGAL.

Soto Babat Iso.

Soto Babat Iso

Anda sedang mencari ide resep soto babat iso yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto babat iso yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto babat iso, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan soto babat iso yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto babat iso sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Soto Babat Iso menggunakan 39 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Soto Babat Iso:

  1. Gunakan 250 gr Babat iso potong2 sesuai selera.
  2. Ambil Bumbu soto (dihaluskan):.
  3. Gunakan 3 siung bawang putih.
  4. Siapkan 1 sdt merica bisa bubu bisa butiran.
  5. Siapkan 2 buah kemiri (sangrai terlebih dahulu).
  6. Sediakan 3 ruas jari Kunyit.
  7. Ambil Bumbu pawon:.
  8. Gunakan 3 lembar daun jeruk.
  9. Ambil 2 lembar daun salam.
  10. Gunakan 2 ruas jahe (geprek).
  11. Ambil 2 ruas laos.
  12. Sediakan 1 batang seraibesar.
  13. Siapkan 1 batang daun bawang besar (diiris kasar).
  14. Siapkan Seledri (diiris halus).
  15. Sediakan Bawang merah (diiris halus, lalu digoreng).
  16. Ambil Tomat (kalau suka pakek tomat boleh ditambahkan).
  17. Gunakan Bumbu untuk merebus babat dan iso:.
  18. Ambil 50 gr Gula jawa.
  19. Siapkan 2 ruas jari Lengkuas.
  20. Siapkan 2 lembar Salam.
  21. Siapkan 2 sdm Gula pasir.
  22. Siapkan 2 sdm Kecap manis.
  23. Gunakan Bahan pelengkap:.
  24. Ambil Garam.
  25. Gunakan Gula pasir.
  26. Siapkan Minya goreng.
  27. Gunakan Penyedap rasa (boleh pakai boleh tidak).
  28. Ambil 1 buah Jeruk nipis.
  29. Ambil Sayuran:.
  30. Ambil 1 buah Wortel (diiris seperti korek).
  31. Sediakan 100 gr Taoge.
  32. Gunakan 100 gr Kol.
  33. Ambil secukupnya Mie soon.
  34. Siapkan sesuai selera Sayur sebenarnya tidak dibatasi sih aja.
  35. Ambil Itu yg tertulis diatas waktu saya memasak pakainya segitu. Hehe.
  36. Sediakan Sambal Kecap:.
  37. Gunakan 5 buah Cabe rawit (di rebus boleh atau diiris tipis2 juga boleh).
  38. Ambil 3 sdm Kecap manis.
  39. Siapkan 1 sdt Jeruk nipis.

Resep lain : Cara Gampang Membuat Masakan ala Rumahan Perkedel Jagung Simpel Anti Gagal

Langkah-langkah membuat Soto Babat Iso:

  1. Pertama-tama cuci babat dan iso sampai bersih kemudian di iris, monggo irisannya bisa disesuaikan dengan selera masing2..
  2. Siapkan panci, air 500 ml, gula jawa, salam, laos, garam, gula pasir, dan kecap manis. Masukkan kedalam panci semua termasuk babat dan iso. Kemudian rebus dengan api sedang, bisa 30-45 menit atau sampai empuk..
  3. Sambil menunggu babat dan iso empuk, kita siapkan bahan2 lainnya juga ya biar pas babat mateng semuanya sudah siap dan tinggal racik2. Nah kita siapkan semua sayuran yang sudah diiris, siapkan air mendidih. Masukkan wortel dan taoge kedalam mangkuk yang berbeda, kemudian tuang air mendidih ke dalam mangkuk tersebut sampai terendam. Untuk taoge kira2 3 menit sudah harus diangkat biar gag terlalu lembek. Dan untuk wortel bisa 2-7 menit. Lalu ditiriskan dan langsung ditata didalam wadah..
  4. Kemudian rendam soon ke dalam air dingin sampai teksturnya lembek, dan setelah selesai potong2 biar gag kepanjangan. Lalu kol yang sudah diiris ditaruh di piring, kalo kol gag perlu di rebus ya, memang kalo soto enaknya kol mentah..
  5. Siapkan bumbu yang dihaluskan (bawang putih, merica, kemiri, kunyit), kemudian haluskan. Dan setelah itu siapkan bumbu pawonnya juga..
  6. Kemudian siapkan panci untuk membuat kuah soto. Masukkan 3 sdm minyak goreng kedalam panci, tunggu sampai panas. Lalu masukkan bumbu halus sampai aduk dan biarkan sampai tercium harum. Setelah itu masukkan bumbu pawonnya ya sampai tercampur rata. Aduk lagi sampai baunya semakin enak, setelahnya masukkan irisan daun bawang dan tambahkan air 1000-1200 ml. Jangan lupa dibumbui garam dan gula ya kalo suka pakek penyedap boleh kok pakai juga. Tunggu sampai mendidih..
  7. Setelah kuah soto mendidih, kemudian menggoreng bawang goreng dan iris seledri tipis2. Jangan lupa juga siapkan sambel kecapnya ya..
  8. Setelah semuanya selesai, jangan lupa babat iso dicek apakah sudah empuk belum, kalo sudah empuk kemudian disaring. Nah stelah itu boleh nih babat iso mau digoreng atau gag, kalo aku digoreng dulu biar keliatan kaya ala2 beli di warung gitu. Heheee maaf rada lebay😁.
  9. Nah terakhir nih, goreng babat iso jangan lama2 dan jangan kering2 nanti jadi alot. Setengah matang aja, kalo pinggirannya sudah keliatan kecoklatan diabgkat aja gpp kok..
  10. Nah semua bahan sudah siap, tinggal diracik dan dimakan deh. Selamat mencoba ya bunda-bunda maaf ya kalo rada ribet bikinnya tapi kalo udah dijalanin ya gag berasa ribet. Okey thank you 😊.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Soto Babat Iso yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Resep lainnya :

  • Resep BOLU KARAMEL 3 telur, ANTI GAGAL yang Enak
  • Bagaimana Membuat Bubur Menado (tinutuan) yang Lezat
  • Resep Terong pedas saus tiram (masakan rumah sederhana), Menggugah Selera
  • Bagaimana Membuat Keripik singkong pedas manis yang Sempurna
  • Cara Gampang Membuat 30. Bumbu Lele Goreng yang Lezat